HomeBlog LitleTips cara memilih Themes WordPress

8 Tips cara memilih Themes WordPress untuk website bisnis

Cara-memilih-Themes-WordPress

Ketahui 8 cara memilih themes WordPress sebelum memutuskan menginstall dan menggunakan themes tertentu di website bisnis anda.


Kriteria Theme WordPress yang SEO Friendly

Salah satu kunci keberhasilan pemasaran online adalah alat yang digunakan.

Kadang perbedaan alat yang digunakan berpengaruh sangat signifikan pada hasil yang akan kita dapatkan nantinya.

Oleh karenanya, kita harus selektif dalam memilih alat.

Termasuk saat kita memilih themes WordPress yang akan digunakan di website bisnis. Kita harus memastikan themes yang di install memenuhi kriteria tertentu.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi beberapa informasi bagaimana cara memilih themes WordPress yang tepat untuk website bisnis anda.

Ketika kita tahu apa saja kriteria yang harus dipertimbangkan, maka diharapkan kita bisa memilih themes yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan pemasaran online.

Baik mari kita bahas satu persatu.

1. Page Load Speed

Sebagian besar sumber daya anda digunakan oleh themes WordPress.

Ini artinya, themes ini sangat berpengaruh pada kinerja website anda secara keseluruhan. Termasuk kecepatan loading saat kita membukanya.

Google dan mesin pencari lainnya terus melakukan perbaikan terhadap algoritma mesin pencari mereka. Salah satunya dari sisi user experience.

Peliknya, kecepatan website adalah satu metric dari user experience.

Tidak ada pengguna yang bersedia menunggu lebih dari 5 detik, apalagi 1 menit. Ini artinya, jika website anda lambat maka ia akan merusak user experience.

Ketika user experience buruk, maka ranking website akan turun.

Jadi, satu-satunya cara untuk meningkatkan kinerja website dari sisi kecepatan adalah dengan menggunakan themes wordpress yang ringan dan cepat.

Tentu saja selain menggunakan hosting terbaik.

Untuk melihat apakah sebuah themes memiliki kecepatan yang standar atau tidak. Kita bisa mengujinya menggunakan beberapa tool tes kecepatan website.

Diantaranya adalah PageSpeed Insight, GTmetrix maupun Pingdom.

Jika sekiranya themes tersebut memang lambat, jangan sungkan untuk menggantinya dengan themes lain yang jauh lebih cepat dan ringan.

2. Responsive

Untuk beradaptasi dengan berbagai ukuran layar, maka kita tidak punya pilihan selain menggunakan desain website yang responsive.

Ukuran website akan menyesuaikan dengan ukuran layar.

Berita baiknya, hampir semua theme WordPress saat ini sudah dikembangkan mengikuti fitur penting ini. Sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir.

Anda hanya perlu memastikan themes yang digunakan tersebut benar-benar responsive. Pastikan dengan membukanya di gadget anda.

3. Cross-Browser Compatibility

Menggunakan themes WordPress dengan kompabilitas lintas-browser tentu saja dapat membantu kita untuk mendorong ranking website.

Data menunjukan bahwa 60 persen pengguna internet global menggunakan Chrome.

 Jika ada sekitar 4 miliar orang yang menggunakan internet, ini berarti ada sekitar 1.6 miliar yang menggunakan browser selain Chrome.

Jika themes yang digunakan bermasalah dengan browser alternative lainnya seperti Mozilla, Opera, Internet Explorer maupun browser Edge, maka ini bisa berdampak pada trafik anda.

Untuk mengetahui apakah sebuah themes kompatibel dengan banyak browser, anda bisa mengujinya dengan menggunakan alat seperti Browsing.

Dengan alat ini memungkinkan kita untuk melihat website kita dari perspektif browser yang berbeda. Tanpa harus menginstall browser di computer kita.

Pensaran dengan themes yang anda gunakan, silahkan tes disini.

4. Kompatibel dengan Plugin SEO

Salah satu benefit menggunakan WordPress adalah menggunakan plugin. Ada banyak plugin bagus di WordPress . Plugin SEO adalah beberapa diantaranya.

Nah, saat memilih themes WordPress. Pastikan themes tersebut memang sudah kompatibel dengan plugin SEO yang banyak digunakan.

Seperti Yoast SEO, All in SEO Pack, Rank Math dan lainnya.

Ini adalah plugin-plugin yang sangat membantu kita untuk meningkatkan kinerja SEO website  tanpa harus mengerti pemrograman.

Khusus untuk cek ranking, anda bisa gunakan alat cek ranking website yang sudah kami bahas sebelumnya.

Kadang ada beberapa pengembang themes WordPress yang tidak menguji kompabilitas themes mereka dengan plugin SEO popular ini.

Sehingga kita sebagai pengguna akhir harus mengujinya kembali.

5. Themes Update secara rutin

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah up to date.

Pastikan themes WordPress yang akan di install di website WordPress adalah themes yang di update secara rutin oleh pengembangnya.

Ada banyak sekali kerugian mengunakan themes yang tidak up to date.

Ketika themes yang kita gunakan tidak diperbarui oleh pengembangnya, maka suatu saat themes ini berpotensi konflik dengan plugin maupun wordpress versi terbaru.

Apalagi pembaruan WordPress cukup sering dilakukan.

Jadi, jika themes WordPress jarang di update oleh pengembangnya, sebaiknya anda cari themes WordPress lain yang sering di update.

Kerugian lain jika anda menggunakan themes yang jarang update adalah kerentanan keamanan.

Themes yang tidak diperbarui sangat rentan dan mudah di eksploitasi oleh hacker yang mungkin saja sedang menguji ilmunya.

Sekali lagi kami sarankan, gunakanlah themes yang up to date.

Selain 5 Kriteria Themes WordPress diatas, sebaiknya anda juga mempertimbangkan kriteria lain seperti bersih dari Malware, dikembangkan dengan pendekatan sEO, tersedia fitur-fitur yang akan memudahkan kita dalam membuat sebuah website.

Kesimpulan

Jika website anda tidak kunjung masuk halaman pertama Google, sementara backlink dan otoritasnya sudah sangat bagus, maka tidak ada salahnya evaluasi themes.

Siapa tahu themes WordPress yang digunakan tidak memenuhi syarat.

Ada banyak website owner yang enggan melakukan hal ini hanya karena takut mengeluarkan biaya tambahan. Padahal, bisnis mereka jadi taruhannya.

Oleh karenanya, sediakanlah budget untuk membeli themes yang benar-benar memenuhi standar untuk melakukan pemasaran online.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.