Address

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar
Riau — Indonesia

Work Hours

Senin - Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB

HomeSEOMengenal apa itu Redirect 301 beserta manfaatnya

Mengenal apa itu Redirect 301 beserta manfaatnya

Mengetahui apa itu Redirect 301, Manfaat dan kegunaan serta cara optimasi website menggunakan teknik redirect 301 untuk meningkatkan kinerja SEO website.
apa itu redirect 301

Apa Itu Redirect 301?

Pertama-tama, mungkin kita perlu tahu apa arti redirect dan 301. Sehingga ketika kami jelaskan artinya secara istilah, teman-teman bisa memahaminya dengan baik.

Redirect artinya adalah pengalihan.

Misalnya, kita mengakses halaman website “https://www.litleproject.com/belajar-seo” tiba-tiba langsung berpindah ke halaman lain, mislanya halaman “https://www.litleproject.com/kursus-seo”.

Nah ini kita sebut dengan redirect, atau pengalihan.

Sedangkan untuk kode 301 merupakan kode http yang mengisyaratkan pada browser bahwa redirect (pengalihan) 301 ini adalah pengalihan permanan.

Ini artinya, selain ada pengalihan permanan (301) ada juga pengalihan sementara (302). Mungkin pada bagian lain akan kita jelaskan lebih rinci.

Sampai disini kami harap kita semua mulai mengerti.

Jadi, sebenarnya redirect 301 adalah kode status HTTP yang dikirim oleh server web ke browser yang menandakan Redirect permanen dari satu URL ke URL lainnya.

Pengguna yang meminta URL lama akan secara “otomatis” dikirim ke URL baru.

Redirect (pengalihan) 301 penting untuk website karena respons HTTP ini meneruskan pengguna ke halaman tujuan baru.

Tanpa Redirect (Pengalihan) 301, pengguna akan menerima kode respons “404 Tidak Ditemukan”; artinya server web tidak dapat menemukan halaman web yang diminta.

Redirect 301 dan SEO

Website owner harus tahu bahwa pengalihan 301 ini sangat erat kaitannya dengan SEO. Jika tidak di optimalkan dengan baik, maka akan mempengaruhi kinerja SEO website.

Disisi lain, pengalihan 301 ini juga banyak digunakan oleh praktisi SEO untuk meningkatkan otoritas dan peringkat website hanya dalam hitungan minggu dan bulan.

Kami sendiri, pada tahun 2015 mempraktekan ini untuk beberapa money site. Alhamdulillah semuanya berhasil masuk halaman pertama Google untuk keyword hiper-kompetitif.

Beberapa keyword tersebut adalah Jasa SEO, Jasa SEO Bulanan, Jasa Backlink dan lainnya.

Bahkan 2 website berhasil kami jual dengan harga yang lumayan tinggi untuk ukuran saat itu. Masing-masing website kami jual 157 juta dan 200 jutaan.

Alasan Menggunakan Redirect 301

Jadi, redirect 301 ini sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja SEO website, beberapa alasan yang perlu kita ketahui adalah :

  • Memastikan trafik yang datang ke url lama telah dipindahkan (dihapus) sudah diarahkan ke url baru (baik pengalihan permanan maupun sementara)
  • Untuk membantu crawler mesin pencari untuk mengetahui url tujuan yang terbaru, sehinga bisa memperbarui index di SERPs.
  • Untuk memastikan semua metrik SEO yang dimiliki oleh halaman lama sudah ditransfer ke halaman baru, ini penting untuk SEO.
  • Berguna untuk mengalihkan url lama ke url baru.
  • Meneruskan kekuatan backlink halaman lama ke halaman baru.

Dari penjelasan diatas bisa kita lihat bahwa redirect (pengalihan) 301 sangat besar manfaatnya untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja SEO website.

Misalnya, url lama ternyata belum memenuhi kriteria SEO, kemudian kita buat url baru yang sudah memenuhi kriteria SEO. Maka url lama bisa kita pindahkan ke url baru.

Selain itu, Redirect 310 dapat membantu meningkatkan peringkat untuk URL target atau seluruh domain. Praktik umum dalam industri SEO adalah orang membeli aged domain atau expired domain yang telah mengumpulkan banyak backlink berkualitas.

Selanjutnya, pemilik domain baru menyiapkan pengalihan 301 untuk mengirim semua backlink yang rusak itu ke domain baru atau halaman web tertentu; pada dasarnya, secara artifisial meningkatkan profil backlink dari domain atau URL target baru untuk meningkatkan skor Google PageRank-nya.

Terakhir

Itulah beberapa penjelasan kami terkait dengan pertanyaan apa itu Redirect 301 beserta manfaat redirect 301 untuk SEO Website.

Kami berharap, dengan informasi singkat ini. Website owner bisa mengoptimalkan pengetahuan ini untuk meningkatkan kinerja SEO website pada pencarian Google.

Jika anda kesulitan melakukan SEO secara mandiri, kami litleproject.com menawarkan beberapa layanan SEO yang mungkin saja anda butuhkan. Seperti SEO Bulanan dan Backlink berkualitas.

Default image
Hidayat Mundana
Articles: 39