HomeBlog Litle8 Alat Cek Ranking Website di Gooogle, Gratis dan Premium

8 Alat Cek Ranking Website di Gooogle, Gratis dan Premium

alat cek ranking website

8 Tool Cek Ranking Website untuk melacak perubahan peringkat website di Google tanpa repot dan ribet. Bisa digunakan secara gratis

Mengukur Kinerja SEO dengan Rank Tracker

Untuk mengetahui sejauh mana progress SEO yang dilakukan, kita bisa melihatnya dengan menggunakan alat cek ranking website di Google.

Atau ingin sejauh mana pengaruh backlink PBN yang kita berikan pada perubahan peringkat website di Google, kita bisa tool tracking ranking.

Saat ini ada banyak sekali tool cek ranking website, gratis maupun berbayar.

Masing alat cek ranking ini memiliki tingkat keakuratan berbeda. Tergantung interval crawling yang mereka lakukan di Google search.

Hal ini sebenarnya adalah sesuatu yang lumrah, mengingat ranking website di Google memang sangat dinamis. Bisa berubah dalam hitungan detik.

Oleh karenanya, kita menggunakan alat cek ranking website ini hanya untuk gambaran awal saja. Selanjutnya, untuk memastikan bisa cek langsung di Google.

Daftar Alat Cek Ranking di Google

1) Wincher Rank Tracker

Wincher merupakan salah satu tool cek ranking website yang cukup popular dengan tampilan sederhana. Tapi sangat powerfull.

Karena tujuan kita menggunakan tool ini hanya untuk mengetahui ranking website di Google, maka fitur yang mereka sediakan lebih dari cukup bagi kita.

Ada beberapa fitur utama dari wincher ini, diantaranya adalah :

  • Tracking ranking website harian
  • Cek ranking competitor tanpa biaya tambahan
  • Kategorisasi website dan keyword
  • Laporan perubahan ranking otomatis
  • Bisa melack ranking di desktop dan mobile

Dengan fitur yang tergolong sederhana diatas sudah lebih dari cukup bagi kita untuk mengetahui progress dari tindakan SEO yang dilakukan.

Kita tidak membutuhkan tool dengan ratusan fitur kalau hanya untuk mengetahui perubahan ranking website dari waktu ke waktu.

2) Semrush

Kita tahu bahwa SEMRush sebenarnya bukan saja alat cek ranking, tapi biasa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari riset keyword, spying competitor dan lainnya.

Bahkan menggunakan SEMRush kita bisa mengetahui dan memilah search intent setiap keyword menggunakan fitur yang ditawarkannya.

Dan jika kebetulan anda ingin mengecek ranking website di Google, menggunakan SEMRush hal tersebut sangat mungkin dilakukan.

Hanya saja harga berlanggan SEMRush cukup mahal bagi banyak praktisi SEO, sehingga worth-it jika hanya digunakan untukcek rankgin website di  Google

Saat tulisan ini diterbitkan, harga paling murah dari SEMRush adalah $99.

3) LinkAssistant

Tool cek ranking website berikutnya adalah LinkAssistant.

Menggunakan alat ini kita bisa melacak ranking website untuk banyak keyword sekaligus. Tidak itu saja, kita juga mengetahui ranking website untuk banyak lokasi.

Tool SEO yang satu ini cukup membantu jika anda memiliki banyak kata kunci yang harus dipantau pergerakan rankingnya.

4) Ahrefs

Tidak berbeda dengan SEMRush, Ahrefs merupakan salah satu tool SEO yang sangat powerful dan bisa diandalkan. Termasuk sebagai alat cek ranking website.

Menggunakan alat ini kita tidak saja bisa mengecek ranking website, tapi juga hal lain. Seperti audit website, menganalisa kekuatan website dan level kompetisi keyword.

Sebenarnya Ahrefs memiliki banyak sekali fitur lain seperti site explorer yang bisa digunakan untuk mengetahui metric-metrik SEO sebuah website.

Mulai dari DR, UR, Trafik Organik, Backlink dan lain sebagainya.

Bahkan kami sering mendapatkan ide long tail keyword melalui tools ini. Cukup membantu untuk mempermudah pekerjaan SEO kita.

Hanya saja, tool SEO arehfs memiliki harga yang cukup tinggi. Sehingga kurang tepat kalau hanya digunakan sebagai alat cek ranking website.

Saat ini kita bisa menggunakan Ahrefs dengan harga $7 selama 7 hari. Selanjutnya kita harus menebus penggunaan Ahrefs dengan harga $99 perbulan.

Lumayan mahal untuk kebanyakan praktisi SEO Indonesia.

5) SERP Ivore

Jika anda ingin menggunakan tool cek ranking website gratis dengan batasan sebanyak 20 keyword, SERP Ivore adalah pilihan yang tepat.

Menggunakan tracker ranking yang satu ini kita bisa cek hingga 20 keyword untuk 1 domain. Lebih dari cukup untuk mengetahui perubahan ranking keyword utama.

Kecuali anda memiliki website dengan ratusan keyword yang harus di tracking. Kami sarankan untuk menggunakan versi berbayarnya saja.

Kalau tidak salah hanya sekitar $4 perbulan.

Beberapa fitur unggulan dari tool SERP Ivore ini adalah :

  • Bisa cek ranking di desktop dan mobile
  • TErsedia versi gratis (hingga 20 keyword)
  • Bisa update ranking harian

Anda bisa cek disini

6) Pro Rank Tracker

Alat cek ranking website berikutnya adalah pro rank tracker.

Dengan bantuan alat ini kita bisa memantau sampai ribuan kata kunci. Tentu saja harus berlanggan versi premium dari tool ini.

Tidak berbeda dengan alat cek ranking yang lain, dengan  pro rank tracker kita bisa mengetahui posisi ranking website untuk banak device sekaligus.

Minimal device desktop dan mobil.

Tentu saja ini akan menghemat banyak waktu kita untuk melacak perkembangan ranking website dari hari ke hari tanpa harus mengecekny secara manual.

7) RankTrackr

Alat cek ranking website yang satu ini cukup berbeda dengan yang lain. Kita tidak saja bisa mengecek posisi ranking website di Google, tapi juga bisa mengetahui volume pencarian keywordnya.

Untuk teman-teman yang ingin menggunakan alat seo yang lengkap seprti ini, maka menggunakan Rank Trackr adalah pilihan yang tepat.

Untuk mengetahui apa saja fitur yang ditawarkan, silahkan langsung pelajari dengan mengunjungi alamat website tersebut.

8) SEOptimer

Dari banyak alat tracking ranking website, sEOPtimer adalah salah satu tool yang cukup mudah dalam penggunaannya. Sangat cocok untuk pemula

Hanya saja, tool ini adalah freemium. Kita bisa menggunakannya secara gratis dalam batasan tertentu. Untuk mendapatkan akses lebih baik kita harus upgrade (bayar).

Ada beberapa fitur penting yang menarik dari tool ini, white label, bisa cek ranking website untuk beberapa bahasa (cocok untuk website selain bahasa Indonesia).

Intinya, tool ini layak anda coba.

Jika anda berminat upgrade ke versi berbayar, paket paling murahnya adalah $19 perbulan dan paling tinggi sekitar $59 perbulan.

Tapi anda tetap punya pilihan untuk upgrade atau tidak sama sekali.

Terakhir

Menggunakan tool cek ranking website di Google memang memberikan kemudahan pada kita untuk melacak perkembangan SEO yang kita lakukan.

Hanya saja, proses tracking yang dilakukan biasanya pada interval tertentu.

Sementara peringkat website di Google bisa saja berubah antara interval pengecekan tersebut. Sehingga membuat hasil yang ditampilkan kadang tidak akurat.

Oleh karenanya, kami biasanya menggunakan alat cek ranking website ini hanya sebagai gambaran awal saja, untuk kemudian mengeceknya secara manual di Google search.

Dan sebagian besar tool rankinc tracker ini adalah versi freemium.

Kita bisa menggunakannya secara gratis namun dibatasi. Bisa jumlah keyword yang bisa ditracking atau fitur-fitur lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.