Address

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar
Riau — Indonesia

Work Hours

Senin - Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB

HomeBusiness5 Tips Pemasaran Online untuk Bisnis Restoran

5 Tips Pemasaran Online untuk Bisnis Restoran

pemasaran online untuk bisnis restoran

Pada kesempatan ini kita akan lebih banyak membahas trik pemasaran online untuk bisnis restoran, karena belum banyak yang tahu caranya.

Padahal Pemasaran online adalah cara efektif untuk mempromosikan bisnis restoran. Modal minim, dampaknya signifikan.

Dengan bantuan strategi ini kita bisa meningkatkan brand awareness, jangkauan pasar dan sekaligus meningkatkan penjualan dan profit bisnis restoran kita.

Dengan menggunakan internet, restoran dapat menjangkau jangkauan yang lebih luas dan menjangkau target pasar yang tepat. Ini 2 kelebihan pemasaran online.

Pemasaran Online untuk Bisnis Restoran

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran online untuk bisnis restoran, seperti menggunakan media sosial, email marketing, iklan online, dan aplikasi pesan antar makanan.

1. Optimalkan Sosial Media

Salah satu cara yang paling efektif melakukan pemasaran online untuk bisnis restoran adalah dengan menggunakan media sosial.  Kita bisa manfaatkan platform seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Karena memang platform ini sangat efektif untuk mempromosikan menu unggulan dan acara spesial restoran. Apalagi hasilnya sangat massif dengan biaya yang relative murah.

Tidak itu saja, social media juga dapat digunakan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan dan mendapatkan feedback seputar menu, pelayanan, fasilitas dan lainnya.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menampilkan foto dan video yang menarik dari makanan maupun acara restoran dapat meningkatkan minat pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

2. Gunakan Iklan

Kami juga menyarankan anda untuk menggunakan iklan online, seperti Google, Facebook, Tiktok maupun Instagram Ads pada momen-memen tertentu.

Momen tertentu ini bisa seperti saat liburan, Ramadhan, Tahun Baru dan lainnya.

Jika Restoran anda berada di sekitar tempat wisata mungkin bisa memasang iklan 2-3 hari sebelum momen-momen penting itu tiba. Misalnya 2-3 hari sebelum liburan.

Jika iklan yang kami sebutkan diatas berbayar, maka anda juga bisa menggunakan iklan yang sifatnya gratis* seperti SEO (Search Engine Optimization).

Iklan berbayar sifatnya jangka pendek, maka SEO sifatnya jangka panjang.

Akan tetapi, jika anda kesulitan melakukan SEO website secara mandiri. Maka bisa menggunakan layanan yang ditawarkan Agency SEO Indonesia seperti Litle Project.

Dan jangan lupa, gunakan strategi iklan cross selling.

3. Bikin website profesional

Membuat website yang menarik dan mudah digunakan adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan brand awareness untuk bisnis restoran.

Ada beberapa hal penting yang perlu kita pertimbangkan ketika membuat website restoran, seperti:

— Bikin website menarik dan profesional.

Desain yang menarik dan profesional akan membuat website terlihat lebih profesional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ini penting sekali.

Dan untuk mendapatkan desain seperti diatas, maka kita harus mendelegasikan pembuatan website pada orang yang tepat, sehingga website yang kita inginkan dapat diwujudkan.

— Sajikan Informasi yang relevan

Website harus menyajikan informasi yang relevan seperti menu, jam buka, lokasi, dan kontak.

Bahkan kalau kita memutuskan untuk membuat dan mengulas topic tertentu di bagian blog, maka usahakan membahas topic yang akan mengedukasi calon pelanggan restoran.

— Foto dan video yang menarik

Tampilkan foto dan video yang menarik dari makanan dan acara restoran dapat meningkatkan minat pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

— Fitur pemesanan

Dan yang tidak kalah penting menyediakan fitur pemesanan online, sehingga calon pembeli bisa melakukan pemesanan online seperti aplikasi goofood dan aplikasi serupa lainnya.

Menghadirkan fitur pemesanan online memang tidak mudah, apalagi butuh edukasi pada pelanggan bagaimana cara menggunakannya. Namun, manfaatnya akan sangat besar.

4. Lakukan SEO Website

Sebenarnya  bagian ini sudah kita singgung pada bagian iklan.

Mengoptimalkan website kita dari sisi SEO juga akan membantu calon pembeli menemukan kita dengan cara yang lebih mudah. Website kita muncul pada halaman pertama Google ketika mereka mengetikan nama restoran maupun menu yang kita tawarkan.

Lagi-lagi, kita bisa mendelegasikan proses optimasi ini pada ahlinya.

Jika website kita muncul di Google organic untuk banyak keyword, maka ini akan sangat besar dampaknya pada brand awareness dan bahkan penjualan.

5. Gunakan Aplikasi pesan antar makanan

Aplikasi pesan antar makanan adalah cara yang efektif untuk memudahkan pelanggan dalam memesan makanan dan meningkatkan pengalaman pelanggan untuk bisnis restoran.

Beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan Seperti GoFood, GrabFood, SHopee Food serta Traveloka Eats. Tapi untuk awal, sebaiknya fokus pada 1 aplikasi terlebih dahulu.

Beberapa kelebihan ketika kita menggunakan aplikasi diatas adalah:

Integrasi dengan sistem pembayaran. Aplikasi harus dapat terintegrasi dengan sistem pembayaran yang aman, sehingga pelanggan dapat memesan dan membayar dengan mudah.

Ketersediaan menu. Aplikasi harus menyajikan menu restoran dengan jelas dan mengupdate informasi menu secara berkala.

Fitur pemantauan pesanan. Aplikasi harus memiliki fitur pemantauan pesanan yang memungkinkan pelanggan untuk melacak status pesanan mereka.

Market yang sudah terbentuk. Kita tinggal menikmati market yang sudah ready untuk disasar melalui aplikasi tersebut, sehingga biaya marketing jadi lebih murah.

Terakhir

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa lakukan terkait pemasaran online untuk bisnis restoran. Selanjutnya kita hanya perlu konsisten dan terus evaluasi.

Sedangkan untuk optimasi SEO, alternatif paling murah adalah dengan menggunakan SEO Bulanan. Karena tiak perlu bayar besar di awal.

Default image
Hidayat Mundana
Articles: 39