HomeBlog LitleCara menulis konten SEO Copywriting

5 Trik Membuat Konten website sesuai kaidah SEO Copywriting

cara membuat konten website sesuai kaidah seo copywriting

Panduan simpel bagaimana cara membuat konten website sesuai kaidah SEO Copywriting sehingga mampu meningkatkan konversi website


Merancang Konten dengan bantuan SEO Copywriting

Kita sepakat bahwa konten dibuat untuk mengiring pembaca agar melakukan tindakan tertentu di website tersebut.

Dan kita bisa mencapai tujuan itu dengan menggunakan Copywriting.

Ada beberapa kaidah yang bisa kita jadikan acuan untuk membuat konten website yang benar-benar mampu mempengaruhi pembaca.

Dan kebetulan kita akan membahasnya untuk anda.

1. Membuat Headline yang menarik

Headline yang kami maksud adalah Judul halaman. Ia terdapat dihalaman website anda. Berbeda dengan title tag yang sudah kita bahas sebelumnya.

Headline yang menarik biasanya membahas sesuatu yang spesifik. Dengan cara tertentu, untuk mencapai hasil tertentu.

Misalnya : “5 Teknik Promosi online yang menghasilkan hingga 367 juta dalam 3 bulan”.

Saat pengunjung membaca headline, setidaknya mereka mengetahui apa yang dibahas dan apa manfaat yang akan mereka dapatkan dengan membaca artikel ini.

Idealnya, ukuran headlinenya juga lebih besar dibandingkan dengan konten yang lain.

2. Paragraf pembuka yang menggugah

Kami masih sering menemukan artikel dengan paragraf pembuka asal-asalan. Tidak dipikirkan untuk mendorong pembaca meneruskan membaca pada paragraf berikutnya.

Lebih sering dengan perkenalan. Alasan kenapa lama tidak menulis dan lainnya.

Padahal, dengan paragraf pertama yang menarik dan menggugah. Bisa mendorong mereka untuk terus membaca paragraf dua, tiga, empat dan seterusnya.

Dan inilah yang kita inginkan.

Trik yang paling sering kami gunakan dalam menulis paragraf pertama adalah dengan menyentuh emosi pembaca, seperti rasa cemas, takut, khawatir, penasaran, keingintahuan dan lainnya.

Contoh paragraf pertama yang menyentuh sisi emosi.

“Ribuan rumah tangga hancur dan berakhir dengan perceraian hanya karena mengabaikan 3 persiapan sebelum pernikahan berikut. Apa saja 3 persiapan tersebut ?”

Menurut anda, ketika seseorang membaca paragraf diatas. Mereka akan meneruskan membaca paragraf kedua atau justru menutup website ?

Kami yakin, mereka akan meneruskan membaca. Karena kita berhasi menyentuh sisi emosi mereka. Apalagi mereka yang sedang ingin menikah, pasti lebih penasaran lagi.

Jadi, luangkan waktu anda untuk membuat paragraf pembuka yang menarik dan menggugah

3. Strukur konten yang apik

Saat menulis artikel, usahakan dibuat dengan struktur yang baik

Ada judul besar yang kita sebut dengan headline. Kemudian ada subjudul, dibawah subjudul ada subjudul lagi. Dan begitu seterusnya.

Dengan struktur yang baik akan memudahkan pembaca dalam memahami artikel anda.

Jika mereka paham, besar kemungkinan mereka akan mengikuti apa yang anda inginkan. Apakah berlangganan email atau membeli dan menggunakan produk anda.

Kami selalu berusaha membuat artikel dengan struktur yang tertata.

4. Dorong untuk melakukan Take Action

Konten yang baik adalah konten yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Ini artinya, pada konten anda harus terdapat kata-kata yang mengajak semua pembaca untuk melakukan “Take Action”.

Tidak sekedar scroll dan membaca.

Kata-kata take action juga tidak boleh dibuat secara serampangan. Ayo beli, beli sekarang, Yuk berlangganan email dengan kami dan lain sebagainya.

Tetapi, buatlah kata-kata take action yang menyiratkan rasa rugi jika mereka tidak melakukan take actioan sekarang juga.

Misalnya :

“Kami baru saja menyelesaikan Ebook Gratis “Cara Jualan website di Facebook hingga laku 367 juta”, akan kami kirimkan khusus untuk pelanggan email. Jika anda tertarik, silahkan berlanggan email sekarang juga.”

Dengan ajakan take action diatas, peluang pembaca untuk berlangganan email akan lebih besar dibandingkan hanya dengan kata-kata, “Yuk berlangggan email”.

5. Sertakan media yang menarik

Media yang kami maksud bisa berupa gambar, video atau konten lainnya.

Tapi, saat ini lebih lazim menggunakan gambar. Usahakan setiap artikel yang anda terbitkan terdapat gambar yang menarik. Bisa satu, dua atau lebih.

Tergantung pada jumlah kata konten tersebut.

Untuk media gambar, kami sarankan untuk downlod di webiste download gambar yang memiliki lisensi free, sehingga ada tidak dikenakan copyright.

Kesimpulan

Bagi teman-teman yang masih bingung bagaimana membuat konten website, mungkin beberapa kaidah diatas bisa dijadikan kaidah.

Diharapkan dengan cara diatas, konten website kita bisa memiliki dampak yang nyata dalam meningkatkan ranking dan konversi website.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.