HomeBlog LitleKonten HackJumlah kata atikel yang ideal

Jumlah kata artikel yang ideal untuk sebuah blog, 1000 kata, 400,700 atau 2000 kata

Jumlah kata artikel yang ideal

Berapa panjang artikel blog yang disarankan

Praktek SEO memang menyisakan banyak sekali pertanyaan, mulai dari strategi on page, link building termasuk dalam menulis konten berkualitas.

Dan pertanyaan yang cukup sering diajukan adalah terkait dengan jumlah kata yang ideal pada sebuah artikel, apakah 300 kata, 500, 1000 atau 2000 kata.

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab.

Karena angka-angka diatas tidak satupun yang mewakili. Tidak angka pasti dalam menulis sebuah artikel. Anda bisa saja menulis 300 kata dan berhasil ranking.

Atau sebaliknya, menulis 2000 kata tapi tidak kunjung ranking.

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini. Kita akan coba lebih mendalam terkait jumlah kata artikel yang idea. Semoga penjelasan kami bisa dipahami dengan baik.

Baik, mari kita mulai dari sini  

Menentukan Jumlah kata artikel itu simple.

Menentukan jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel sebenarnya sangat sederhana. Jumlah kata yang anda tulis sebenarnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ya, benar sekali. Kita menulis sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kita tidak perlu menulis hingga 1000-2000 kata jika sebenarnya topik tersebut bisa kita jelaskan dengan artikel 500 kata saja.

Disisi lain, jika audien anda membutuhkan informasi yang detail dan mendalam, tentu anda harus menulis artikel yang panjang dan detail. Ini mungkin bisa lebih dari 1500 kata.

Sekali lagi, tulislah artikel dengan jumlah kata sesuai dengan yang dibutuhkan.

Anda tidak perlu memaksanya menjadi panjang sehingga terdengar bertele-tele, atau memangkasnya menjadi pendek sehingga banyak informasi yang hilang.

Jika anda butuh jurus, mungkin anda bisa praktekan 4 jurus dibawah ini secara konsisten. Sehingga tidak perlu pusing lagi saat menulis konten.

  • Fokus pada cerita yang ingin disampaikan.
  • Tidak perlu memaksakan jumlah kata. Memanjangkan sehingga terkesan membual. Atau memangkas jumlah kata sehingga banyak informasi yang hilang.
  • Tidak perlu terobsesi dengan jumlah kata.
  • Rasakan sendiri, nyamannya topi ini dijelaskan hingga berapa kata.

Praktekan jurus diatas dengan baik dan konsisten, maka anda tidak akan pernah lagi dengan jumlah kata. Akhirnya, ranking naik, konversi pun naik.

Pikirkan setiap posting blog seperti kaus yang nyaman—Anda ingin itu terasa benar.

Jumlah Kata Ideal dalam postingan blog

Kami yakin masih ada yang belum puas dan masih menyisakan pertanyaan. Sebenarnya berapa jumlah kata artikel yang ideal untuk postingan blog.

Baik, penulis akan coba jelaskan lebih lanjut.

Karena pertanyaannya adalah “jumlah kata ideal”, ada baiknya kita berangkat dari data yang disampaikan oleh Hubspot.

Menurut riset mereka, jumlah kata ideal dalam postingan blog yang menghasilkan konversi  adalah postingan dengan jumlah 2500 kata.

Tapi, pada kesempatan lain mereka juga menyampaikan bahwa jumlah kata ideal untuk SEO adalah antara 2100 hingga 2400.

Dalam hal ini tentu kita tidak bisa memilih salah satunya, benar ngga?

Kita butuh konversi, tapi untuk mendapatkan konversi tentu kita harus mendapatkan ranking dulu di halaman pertama Google.

Bingung ngga, bingung ngga, ya bingung lah : )

Agar makin jelas, kita akan lanjutkan pembahasannya dibawahi ni.

Penulis menentukan jumlah kata

Ada beberapa penulis yang bisa menjelaskan suatu peristiwa, topik dengan penjelasan yang sangat rinci, detail sehingga pembaca benar-benar merasakannya.

Kadang kita sangat menikmati detail-detail ini.

Ada pula penulis yang mampu menjelaskan sesuatu dengan cara yang sangat sederhana, sehingga kita tidak harus membaca 2000 kata untuk mendapatkan 2-3 kesimpulan.

Kedua pendekatan ini jelas memiliki artikel dengan jumlah kata yang berbeda.

Hanya saja, keduanya mampu mengantarkan pembaca pada apa yang mereka inginkan. Puas dan mendapatkan apa yang mereka cari.

Kembali kepada kesimpulan yang sudah kami berikan sebelumnya. Sebenarnya kita tidak butuh jumlah kata dalam angka tertentu.

Kita hanya perlu menulis artikel sesuai dengan yang dibutuhkan.

Jika kita butuh banyak kata untuk menjelaskan sesuatu, maka lakukanlah. Tapi pastikan informasi yang anda berikan tidak bertele-tele.

Tapi, jika kita bisa sampaikan pesan dengan artikel yang tidak terlalu panjang. Mungkin hanya 300 – 700 kata saja, bisa jadi juga lebih baik.

Judul kadang menentukan jumlah kata

Sebenarnya judul yang kita buat menentukan berapa kata seharusnya kita menulis artikel. Oleh karenanya, berhati-hatilah menulis dan memilih judul.

Menurut anda, berapa kata artikel yang kita butuhkan untuk judul blog “Apakah website anda membutuhkan tindakan SEO?”

Artikel blog: Ya/Tidak.

Hmmm, dengan judul seperti itu sebenarnya kita hanya butuh 1 kata saja dalam artikel blog. Ya atau tidak. Oleh karenanya, hindari membuat judul seperti diatas.

Hindari membuat judul yang jawabannya ya atau tidak.

Akan berbeda ketika kita membuat judul seperti “15 Benefit menggunakan SEO untuk website bisnis”, ini membuka ruang bagi kita untuk menjelaskan lebih banyak dan rinci.

Pada satu sisi kita bisa memenuhi kebutuhan artikel untuk SEO, dan disisi lain kita juga bisa meningkatkan peluang konversi melalui artikel edukasi seperti ini.

Tingkat kesulitan topik dan jumlah kata

Kadang ada beberapa topik blog yang memang membutuhkan penjelasan lebih detail dan bahkan harus menyertakan contoh-contoh real agar mudah dimengerti.

Kondisi seperti ini, tentu kita membutuhkan jumlah kata yang lebih banyak. Akan sangat sulit menjelaskan sesuatu yang membutuhkan detail dengan jumlah kata yang sedikit.

Ini artinya, pada topic seperti ini kita memang butuh jumlah kata yang lebih panjang.

Agar mudah dipahami, kita bisa membagi setiap topiknya dengan subjudul. Ini tidak saja berguna untuk pembaca, tapi juga bot google.

Terakhir

Jika kita mau jujur, sebenarnya tidak jumlah kata yang benar-benar ideal untuk sebuah artikel blog. Kadang kita butuh 2000 kata, tapi terkadang cukup dengan 400 kata saja.

Sejauh kita bisa menyampaikan informasi yang dibutuhkan pembaca dengan baik, tanpa kehilangan informasi. Maka itu adalah jumlah yang ideal.

Jadi berapa jumlah kata artikel yang ideal?

Menurut kami, jumlah kata artikel yang ideal sesuai dengan yang kita butuhkan.

That it.

Leave a Reply

Your email address will not be published.