HomeBlog LitleBusiness HackCara memilih nama domain yang bagus

8 Cara Memilih Nama Toko Online yang bagus, agar unik dan mudah di ingat

nama toko online yang bagus

Cara memilih nama toko online

Memilih nama toko online yang bagus adalah satu dari banyak langkah sukses yang harus dilakukan oleh seorang pemilik toko online.

Karena  nantinya, nama toko online akan mewakili kita dalam melakukan transaksi dengan banyak sekali calon pembeli di internet.

Tidak itu saja, nama yang anda pilih terkadang juga berpengaruh pada ranking website anda di Google pencarian.

Oleh karenanya, memilih nama domain untuk toko online menjadi sesuatu yang sangat penting dan krusial. Salah memilih akan berdampak pada bisnis anda.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi beberapa tips bagaimana cara memilih nama toko online yang tepat untuk bisnis anda jangka panjang.

Baik mari kita bahas lebih jauh.

1. Pastikan ada nama brand di nama domain

Langkah awal dalam memilih nama toko online adalah memastikan pada nama toko online tersebut terdapat brand yang akan menjadi identitas bisnis kita.

Bahkan, pada banyak kasus justru nama brand-lah yang dijadikan nama domain.

Mungkin ini bisa kita lihat pada kasus domain Apple, Microsoft, Honda, Harley Davidson dan banyak domain perusahaan ternama  lainnya.

Hanya saja, dalam sebuah nama domain kita tetap bisa menyertakan keyword agar lebih friendly di mesin pencari seperti Google

Misalnya waktu kami mendaftarkan nama domain “SEOElite.ID”, SEO adalah keyword yang kami ingin optimasi sedangkan Elite adalah brand yang ingin kami bangun.

Jadilah nama domain tersebut seoelite.id

Salah satu Agency SEO yang menawarkan jasa optimasi website untuk teman-teman UKM yang ingin di optimasi websitenya.

2. Usahakan nama domain tetap pendek, simpel dan unik

Kaidah lain yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain  toko online yang menarik adalah memastikan nama toko online tersebut pendek, simple dan unik.

Menurut kami ini adalah persyaratan mutlak.

Tidak bisa kita bayangkan gimana ribetnya kalau nama domain anda panjang, lebih sulit di ingat, diketikan bahkan di eja.

Dari sisi lain, kita juga harus memastikannya berbeda dari kebanyakan nama toko yang lain. Ia harus unik namun tidak kehilangan maknanya sebagai entitas bisnis.

Kadang disinilah tantangan terberatnya dalam menemukan nama toko online yang keren. Kita harus mencari ide sebanyak mungkin untu itu.

3. Mudah di ingat

Ada satu kaidah yang cukup sering di ungkapkan terkait dengan memilih nama domain ini, ia adalah “jika nama domain anda tidak bisa di ingat hanya dengan satu kali ucapan, berarti nama domain anda tidak terlalu bagus untuk digunakan”

Walaupun ini bukanlah ketentuan mutlak, tapi memiliki nama toko yang mudah di ingat akan memberikan nilai tambah pada bisnis toko online anda.

Cobalah untuk menghindari kata-kata sulit yang kadang berbeda antara yang kita ucapkan dengan tulisan yang sebenarnya.

Apalagi jika nama tersebut memang memiliki makna yang berbeda.

Salah satu ciri domain yang mudah di ingat adalah pendek. Jika domain anda pendek, biasanya akan lebih mudah seseorang untuk mengingatnya.

4. Hindari menggunakan karakter angka dan strip

Ini sebenarnya bukanlah ketentuan mutlak, tergantung selera anda.

Tapi, kami tetap menyarankan untuk menghindari menggunakan karakter angka dan strip pada nama domain kita, karena akan lebih sulit saat diketikan.

Jika suatu waktu teman anda bertanya nama domain anda, kemudian mereka mencaba untuk mengetikan di browser, peluang salahnya akan lebih besar.

Sehingga peluang kita mendapatkan eksposur lebih besar akan berkurang.

Dari sisi SEO, semakin banyak pengguna internet yang mengakses website kita melalui navigasi seperti itu sebenarnya akan berdampak pada peringkat website di Google.

Walaupun pengaruhnya tidak secara langsung.

5. Hindari masalah hukum dan penggunaan merek terdaftar

Nah ini penting sekali. Cobalah untuk menghindari nama domain yang memang sudah dimiliki oleh brand lain, kecuali anda sudah paham dan berani menghadapi konsekuensi hukumnya.

Menghindari masalah hukum dikemudian hari adalah tindakan yang sangat bagus, karena anda tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk mengurus sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan bisnis secara langsung.

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan pemula.

Mereka fikir dengan menggunakan domain merek terkenal akan memberikan benefit yang besar pada mereka. Tapi, faktanya mereka justru akan bermasalah dengan hokum.

6. Pertimbangkan mesin pencari

Elemen lain yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih nama domain sebagai nama toko online anda adalah Search Engine.

Karena sebagian upaya marketing kita mengandalkan Google, maka kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan keyword pada sebagian nama domain kita

Sebenarnya bagian ini sudah kita bahas pada poin nomor satu.

7. Mobile friendly

Kita tahu bahwa sebenarnya trafik yang berasal dari mobile jauh lebih besar dari trafik yang berasal dari perangkat desktop. Ini terus meningkatkan seiring bertambahnya waktu.

Salah satu kendala pengguna mobile dalam mengakses toko online adalah sulitnya mengetik nama toko online, apalagi jika namanya panjang.

Oleh karenanya, pertimbangkanlah untuk menggunakan nama toko yang pendek. Sehingga potensi kesalahan ketik bisa diminimalisir.

8. Pilih Extension yang tepat

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah ektension yang digunakan.

Saat ini ada banyak sekali ekstension nama domain yang bisa kita gunakan. Walaupun tetap saja ada beberapa ekstensi yang masih popular hingga sekarang, seperti .com misalnya.

Cuma, bukan berarti anda tidak mempertimbangkan ekstension yang lain.

Jika anda buka toko online, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan .store, .shop dan lain sebagainya.

Salah satu bintang sepak bola Portugal, Christiano Ronaldo justru menggunakan .store sebagai ekstensi domainnya, anda bisa cek di CR7Denim.Store

Leave a Reply

Your email address will not be published.