HomeBlog LitleTrik Optimasi SEO website Hotel

9 Trik Optimasi SEO website Hotel dan Apartemen, strategi promosi kekinian

SEO website Hotel

Tingkatkan akuisisi pelanggan dengan melakukan SEO website hotel di Google, strategi promosi bisnis hotel di era 4.0

Strategi promosi website Hotel

Saat ini sudah banyak pemilik bisnis hotel, penginapan bahkan villa yang sudah menyadari betapa penting website bagi bisnis mereka.

Mereka berbondong-bondong membuat website bisnis sebagai salah satu media promosi online melalui internet.

Tapi, walaupun mereka sudah punya website keren. Mereka tetap memiliki tugas berikutnya yang tidak kalah penting dari sekedar memiliki website.

Tugas tersebut adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung.

Sebenarnya ini bukan saja tugas mereka yang memilik bisnis hotel. Tapi juga pengusaha lain dengan model bisnis yang berbeda.

Hanya saja, pada kesempatan ini kita akan bahas salah satu topik terkait dengan traffic generation, yakni bagaimana cara optimasi SEO website hotel.

Menurut kami, tidak banyak yang membahas ini secara detail.

Jadi, jika anda punya bisnis hotel, penginapan atau villa. Mungkin tulisan kami ini penting untuk dibaca dan dipelajari.

Apa itu SEO website Hotel dan kenapa anda harus melakukannya

Kita tahu bahwa SEO merupakan salah satu teknik dan sekaligus strategi digital marketing untuk mendatangkan pengunjung dari Google organic.

Dengan teknik ini kita tidak perlu bayar iklan Google Ads.

Hanya saja, kita harus melakukan serangkaian pekerjaan teknis agar website kita ditemukan Google dan juga calon pengunjungnya.

Jadi, SEO website Hotel adalah upaya yang harus dilakukan oleh pemilik website hotel untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung dengan tujuan semakin banyak orang yang tahu keberadaan hotel anda dan akhirnya menyewanya.

Kata kuncinya adalah tahu dan menyewa (menggunakan layanan anda).

Pertanyaan berikutnya, kenapa SEO penting bagi website Hotel.

Sebenarnya ini berangkat dari perilaku para pengguna internet, termasuk calon pengguna jasa hotel yang anda tawarkan.

Saat mereka membutuhkan informasi tertentu, Google selal menjadi pilihan praktis untuk melakukan riset. Termasuk saat ingin mencari hotel  di daerah tertentu.

Peliknya, mereka hanya membuka halaman 1 Google saja. Hanya 1% saja yang membuka halaman 2,3, 4 dan seterusnya.

Bahkan Backlinko menyebutkan bahwa 31.7% calon pengunjung tersebut hanya klik peringkat #1 saja. Ini adalah data yang sangat penting untuk diperhatikan.

Karena ini artinya, ketika website anda tidak muncul di halaman pertama google, termasuk tidak muncuk di ranking #1, maka anda kehilangan banyak sekali pelanggan potensial.

Jika asumsinya anda bisa mengkonversi 2% saja dari total kunjungan ke website anda, bayangkan kalau trafik saat masuk halaman #1 sebanyak 1000 pengunjung.

Anda bisa mengakuisisi hingga 20 pelanggan per 1000 kunjungan.

Disisi lain ini juga berarti anda kehilangan 20 pelanggan per 1000 pengunjung jika tidak berhasil tampil di halaman pertama Google, termasuk rankng #1.

Kami harap anda paham betapa pentingnya SEO bagi website hotel.

1) Tentukan target pasar

Dalam banyak hal, ini adalah langkah awal yang harus dilakukan.

Kita harus tahu siapa mereka, apa yang mereka sukai dan bagaimana cara mereka menemukan layanan yang mereka butuhkan.

Setelah kita menemukan target pasar yang akan dibidik, selanjutnya cari tahu apa istilah pencarian yang akan mereka ketikan di Google saat mereka mencari informasi.

Ini sifatnya asumsi yang nantinya akan kita validasi.

Istilah pencarian ini lazim juga kita kenal dengan kata kunci. Untuk menvalidasi istilah pencarian yang digunakan, maka kita harus melakukan riset keyword

2) Mulai dengan riset keyword

Mengetahui siapa target pasar ternyata belum cukup.

Kita juga harus tahu apa istilah pencarian yang mereka gunakan saat mereka mencari informasi seputar produk dan layanan yang kita tawarkan.

Misalnya anda ingin menyewakan apartemen di wialyah Jakarta Selatan.

Maka, kemungkinan istilah pencarian yang akan mereka gunakan adalah sewa apartemen harian di Jakarta Selatan, apartemen murah Jakarta selatan, Apartemen murah untuk keluarga di Jakarta Selatan.

Semua istilah pencarian diatas sifatnya asumsi. Kita harus validasi dulu dengan menggunakan tool riset keyword seperti Ubersugget, Ahrefs maupun SEMrush.

Beberapa hal yang ingin kita validasi adalah istilah pencarian itu yang sering digunakan, volume pencarian perbulan serta level persaingan di Google organic.

Minimal kata kunci yang kita ambil adalah kata kunci yang memiliki volume pencarian setidaknya 100 pencarian perbulan. Kumpulkan sebanyak mungkin.

Disisi lain, kita juga harus menganalisa level persaingannya.

Tujuan analisa persaingan ini adalah agar kita tahu sejauh mana tingkat kesulitan kata kunci untuk kita menangkan sehingga bisa masuk ke halaman pertama Google.

Ini penting sekali untuk diketahui.

Kita tidak akan masuk dan menggunakan kata kunci yang tidak akan pernah bisa kita memangkan. Selain membuang-buang waktu juga akan membuang-buang sumber daya.

Jika teman-teman tidak bisa melakukan riset keyword sendiri, sebaiknya gunakan jasa riset keyword yang banyak ditawarkan di Google.

3) Optimasi Title tag, meta deskripsi dan url

Kami asumsikan teman-teman sudah menemukan kata kunci yang layak untuk dioptimasi. Pastikan sudah mengumpulkan lebih dari 10 kata kunci.

Nah,kata kunci yang sudah berhasil kita kumpulkan ini nanti akan dikelompokan berdasarkan “intent keyword”, apa itu intent keyword, kita bahas dibagian lain.

Tujuan mengelompokan sesuai intent keyword adalah agar kita  bisa membuat konten yang sesuai dengan intent kata kunci tersebut.

Dalam praktek SEO, kata kunci utama harus disertakan pada beberapa bagian penting dari halaman website kita, seperti title tag, meta deskripsi dan url website.

Coba perhatikan website yang berhasil masuk ke halaman pertama Google, perhatikan antara kueri yang anda ketikan dengan url, meta deskripsi dan title tag mereka.

Biasanya memiliki kesamaan.

4. Optimasi Konten

Selain optimasi url website, title tag dan meta deskripsi, kita juga harus optimasi konten sesuai kaidah SEO, sebenarnya kami pernah bahasnya di website ini.

Coba anda pelajari di sini, kriteria artikel berkualitas menurut Google.

Usahakan artikel yang ditulis sesuai dengan intent keyword. Misalnya intent keyword ingin mendapatkan informasi lengkap dan detail, maka kita harus menyediakan artikel yang menyediakan informasi seputar apa, mengapa dan bagaimana.

Umumnya artikel seperti ini cenderung lebih panjang.

5) Optimasi Heading

Untuk membantu mesin pencari dan pengguna memahami konteks dan hubungan antar topik, maka kita disarankan untuk menggunakan heading dan subheading.

Artikel kita akan terlihat lebih terstruktur dengan baik. Ini merupakan bagian dari teknik SEO Copywriting.

Dalam pendekatan SEO, kita disarankan menggunakan Heading 1 (H1) maksimal hanya satu kali saja, kemudian menggunakan Heading 2 dan 3 hingga beberapa kali.

Jika kita lihat source code dari heading yang ada dihalama website, biasanya mereka akan terlihat seperti <h1>Belajar tentang Heading dan Subheading</h1>

6. Optimasi Loading Speed

Pada pendekatan SEO Modern, kecepatan website menjadi elemen yang sangat krusial.

Pengguna website kita cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk membuka halaman website yang mereka butuhkan.

Jika website kita terlalu lambat, maka mereka akan pindah ke website lain. Dan ini adalah sinyal buruk pada Google. Ranking website kita akan turun drastic.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk memperhatikan loading speed halaman website kita. Gunakan tool chek kecepatan website seperti Google PageSpeed untuk mengetahuinya.

Semakin cepat website bisa dibuka, maka semakin bagus.

Hal-hal teknis lain yang perlu dilakukan adalah submit sitemap, memberikan beberapa backlink berkualitas serta membuat dan optimasi Google my Business.

Kesimpulan

Optimasi SEO website Hotel memang tidak semudah optimasi website perusahaan pada umumnya, dibutuhkan strategi yang matang.

Walaupun sebenarnya juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Kalaupun anda tidak bisa melakukannya SEO website ini secara mandiri, bisa di delegasikan pada Konsultan SEO yang memang sudah berpengalaman.

Yang paling penting anda memahami bahwa SEO sangat penting sebagai salah satu strategi promosi online untuk mendapatkan pelanggan baru.

Kami berharap tulisan singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.