HomeBlog LitleLink BuildingKriteria Backlink Berkualitas Bagus

5 Kriteria Backlink Berkualitas bagus untuk meningkatkan ranking website

kriteria-backlink-berkualitas

Kriteria backlink berkualitas menjadi bagian yang krusial untuk diketahui agar bisa memilah mana backlink berkualitas dan backlink spammy.


Tidak semua backlink berdampak baik pada ranking website. Beberapa backlink justruk berdampak buruk sekali.

Oleh karenanya, kita harus tahu apa kriteria backlink berkualitas yang bisa dijadikan sebagai sumber backlink bagi website kita.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahasnya untuk anda.

1. Otoritas Domain

Otoritas domain ini bisa diwakili oleh berbagai metric SEO yang dikeluarkan oleh Google, Moz, Ahrefs, Mejestic dan platform lainnya.

Dan biasanya metric-metrik SEO ini dipengaruhi oleh banyak hal.

Bebarapa factor yang mempengaruhi metric SEO ini adalah backlink, konten, trafik, usia domain, asal backlink dan lain sebagainya.

Istilah-istilah terkait dengan otoritas domain ini lazim kita kenal dengan sebutan page rank, domain authority, Domain Rating serta Trust Flow.

Intinya, semakin bagus otoritas domain asal backlink, maka semakin berkualitas backlink tersebut.

2. Link Placement

Backlink yang ditempatkan di menu utama, sidebar, footer dan di dalam konten postingan tentu memiliki nilai berbeda di mata Google.

Oleh karenanya, kita harus memperhatikan hal ini dengan baik.

Umumnya backlink berkualitas berasal dari dalam postingan. Baik di pasang di awal, tengah maupun di akhir postingan artikel tersebut.

3. Relevansi Backlink

Relevansi ini terkait dengan topik yang dibahas pada halaman dimana kita memasang backlink.

Misalnya, kita ingin pasang backlink ke halaman ini. Maka, kami harus menemukan halaman website yang membahas hal-hal terkait dengan backlink dan SEO.

Semakin relevan semakin bagus.

Hanya saja, mendapatkan backlink relevan dan dipasang di dalam artikel tidak mudah. Bahkan kita harus menyiapkan budget yang lumayan.

Dan inilah alasannya kenapa sangat disarankan menggnakan layanan backlink PBN Premium. Karena, bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Menariknya, banyak yang berhasil dengan cara ini.

4. Penggunaan Achor Text

Ternyata penggunaan anchor text juga berpengaruh pada kualitas backlink.

Backlink yang memiliki anchor text  keyword utama tentu akan memberikan efek yang lebih bagus dibandingkan dengan anchor text yang tidak mengandung kata kunci.

Walaupun pada kondisi tertentu distribusi penggunaan anchor text juga perlu diatur agar tidak mendapatkan pinalti dari Google.

5. Berasal dari Domain Berbeda

Sebaiknya backlink juga berasal dari domain yang berbeda pula.

Semakin banyak domain berbeda yang mengarahkan link ke website kita, maka semakin bagus efeknya pada ranking website kita.

Dan ini salah satu kriteria backlink berkualitas yang harus dicapai.

Sebenarnya masih banyak kriteria backlink berkualitas yang harus kita ulas, namun untuk saat ini kita cukupkan 5 kriteria ini saja.

Mudah-mudahan pada lain kesempatan kita bisa lanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.