HomeBlog LitleSEO HackLink Placement — Lokasi penempatan backlink

Link Placement, Lokasi penempatan backlink yang paling disarankan

link placement lokasi pasang link

Penempatan link atau yang lebih kita kenal dengan istilah link placement memiliki pengaruh pada ranking website. Baik internal link maupun eksternal link.

Pasang Link ditempat yang tepat

Kita tahu bahwa ada banyak sekali yang mempengaruhi kualitas halaman website kita. Mulai dari Title tag, Meta deskripsi dan termasuk link placement.

Menariknya, link placement ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar dan signifikan pada perubahan ranking website di pencarian Google.

Anehnya, ini adalah strategi SEO yang banyak dilupakan.

Padahal sejak tahun 2011 lalu hal ini sudah dibahas oleh banyak Pakar SEO. Penempatan link yang tepat akan berdampak pada ranking website.

Khusus bagi teman-teman yang baru belajar SEO, mungkin tulisan kami kali ini bisa dijadikan salah satu referensi terkait dengan link placement ini.

Kita akan bahas lebih jauh dibawah ini.

Lokasi pemasangan backlink di website

Sebenarnya ada banyak sekali tempat bagi kita untuk memasang link pada halaman website, mulai dari konten, sidebar, Footer dan menu.

Untuk link yang dipasang di konten, biasanya juga terdiri dari 3 lokasi. Mulai dari konten bagian atas, konten bagian tengah dan yang terakhir konten  bagian bawah.

Dari dulu ini selalu menjadi perdebatan banyak praktisi SEO. Bagus mana backlink yang dipasang di sidebar dibandingkan dengan backlink yang dipasang di konten.

Backlink yang dipasang di sidebar akan menghasilkan backlink yang sama sesuai jumlah halaman website tersebut. Misalnya ada 150 halaman, maka kita akan mendapatkan 150 backlink dengan anchor yang sama dan website yang sama.

Sementara backlink yang dipasang di bagian konten, maka kita hanya mendapatkan 1 backlink dari konten tersebut.

Logika dibalik link placement

Sebelumnya kita sudah bahas bahwa kita bisa memasang link pada header, konten, footer maupun sidebar. Hanya saja, ternyata masing-masing punya pengaruh yang berbeda.

Apalagi sejak Google memprioritaskan user experience.

Backlink atribusi yang dipasang pada Footer tentu memilih dampak yang berbeda dibandingkan dengan backlink yang dipasang di konten, walaupun dibagian bawa.

Begitu juga dengan backlink yang dipasang di sidebar.

Backlink yang dipasang pada konten umumnya menunjukan relevansi dan kontekstual. Selain itu, ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Itulah kenapa banyak praktisi SEO yang menyakini backlink yang dipasang di konten lebih baik dibandingkan dengan backlink yang dipasang di sidebar maupun footer.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya Google juga menilai kualitas backlink dari sisi kontekstual dan relevansi.

Dan backlink yang ditempatkan di konten tentu memiliki relevansi yang lebih nyata dibandingkan dengan link pada lokasi lain (sidebar dan footer).

Link Placement Terbaik

Mungkin sebagian dari kita bertanya, sebenarnya dimana penempatan backlink yang dianggap bagus dan baik bagi peningkatan peringkat website.

Dari penjelasan sebelumnya, jelas backlink yang dipasang pada konten memiliki dampak yang lebih bagus. Apalagi jika dipasang dibagian konten atas.

Alasannya karena Google akan merayapi halaman website bagian atas terlebih dahulu

Jadi kemungkinan backlink di crawling bot google akan semakin besar. Sehingga peluang backlink yang kita pasang di index Google juga semakin besar.

Saran singkat

Nah, jika anda ingin memesan backlink PBN. Sebaiknya anda memasang backlink yang dianggap penting pada bagian atas konten

Selanjutnya baru link lain dengan prioritas berikutnya.

Tapi ini bukan berarti anda selalu memasang dan menumpuknya dibagian atas. Jelas ini terlihat tidak natural. Anda harus tetap mengkombinasikannya pada lokasi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.