HomeBlog LitleFitur SERPs Google pencarian

Mengenal Fitur SERPs Google untuk meningkatkan kinerja SEO

Fitur SERPs Google

Mengenal apa itu SERPs Google dan 12 SERPs yang harus di optimasi untuk meningkatkan kinerja SEO website di Google pencarian.

Apa itu Fitur SERPs Google

SERPs adalah singkatan dari Search Engine Result Pages, merupakan hasil yang anda lihat setelah mengetikan kueri di kotak pencarian Google.

Untuk memberikan user experience yang bagus, biasanya Google menampilkan fitur SERP sesuai dengan kueri yang diketikan.

Bahkan untuk kueri yang sama bisa saja Google menampilkan fitur yang berbeda jika digunakan di device dan waktu yang berbeda.

Sekali lagi, ini unutk memberikan user experience pada pengguna.

Sebagai praktisi SEO tentu saja kita harus mengetahui apa saja fitur SERPs Google yang digunakan Google dan kemudian mengoptimalkan konten kita untuk mendapatkannya.

Ini bukan saja akan memberikan peringkat yang lebih tinggi, tapi juga akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan trafik lebih banyak.

Khusus bagi teman-teman yang belum tahu apa saja fitur serps Google yang sering digunakan, mungkin daftar dibawah ini bisa dipelajari

Note: Fitur SERPs ini bisa ditambahkan dan bahkan dikurangi Google, berdasarkan hasil analisa dan penelitian mereka atas user experience.

1. Organic “Blue Link” Results

Fitur SERPs Google yang pertama adalah Organic Result.

Ini adalah fitur penting yang selalu ada dari pertama kali hingga hari ini. Biasanya terdiri dari 3 elemen penting.

Seperti Judul Halaman, Url website dan Meta Deskripsi.

Ini adalah bagian yang paling berpengaruh pada CTR website. Jika kita mampu mengoptimasi fitur ini dengan baik, maka CTR akan naik tajam.

Jika anda bingung bagaimana cara optimasi fitur ini, silahkan pelajari disini.

2. Paid Ads

Untuk keyword tertentu kadang SERPs Google menampilkan iklan berbayar. Anda bisa tes untuk keyword yang ada nama produknya.

Secara format tidak jauh berbeda dengan organic result.

Untuk bisa tampil pada fitur SERPs yang satu ini kita harus membayar iklan ke Google menggunakan salah satu produknya, yaitu Google Ads.

Biasanya juga terdiri dari Judul, Url website dan Meta deskripsi.

Paid Ads ini sering muncul dibagian paling atas hasil pencarian Google dengan ditandai dengan “iklan”

3. Local 3 Pack

Merupakan daftar bisnis lokal yang ditampilkan oleh Google karena memenuhi salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  • Lokasi paling relevan
  • Kueri paling relevan
  • Bisnis yang memiliki ulasan bagus

Biasanya fitur ini ditampilkan berupa nama bisnis, nomor telpon dan peta menuju lokasi bisnis tersebut serta alamat website.

Fitur ini sering muncul ketika kita mengetikan kueri yang berbasiskan lokasi, misalnya kita ketikan kueri “rumah sakit di Jakarta”, maka akan muncuk Local 3 Pack ini.

Jika anda mengoptimasi SEO Lokal seperti SEO website Hotel misalnya, maka fitur ini sangat bagus untuk meningkatkan kunjungan tanpa ribet.

4. Knowledge Graph and Knowledge Panel

Grafik dan panel pengetahuan ini biasanya tampil di Google bagian kanan hasil pencarian. Ditampilkan ketika kita mencari entitas tertentu.

Baik berupa tokoh, peristiewa, perusahaan bisnis dan lainnya.

Untuk bisa tampil dibagian ini memang tidak mudah. Kita harus memiliki otoritas dibidang kueri yang diketikan user.

Bisa tokoh dibidang olahraga, bisnis maupun perusahaan ternama.

Untuk memastikan seperti apa tampilkan dari Graphic pengethuan ini, coba anda ketikan salah satu dari keyword berikut “Google atau Sundar Pichai”.

5. Image Pack

Jika algoritma Google menilai sebuah kueri akan berkaitan dengan konten visual, maka Google akan menampilkan Image Pack ini.

Coba sesekali anda perhatikan hasil pencarian Google ketika anda mengetikan kata kunci seperti desain rumah minimalis, kucing lucu, baju kemeja dan lainnya.

Fitur SERPs Google yang satu ini sangat kami sarankan untuk dioptimasi oleh pemiliki toko online. Terutama untuk produk yang menjadikan gambar sebagai bagian dari konten marketing.

6. Video Pack

Tidak berbeda dengan Image Pack. Jika kueri yang diketikan user relevan dengan search intent ingin menonton secara visual, maka Google akan menampilkan fitur ini.

Misalnya kita ketikan kueri “cara membuat pupuk organik”.

Jika konten anda harus dijelaskan secara detail dan membutuhkan elemen visual yang banyak, maka ada baiknya anda membuatkan video khusus untuk itu.

Kemudian optimasi dengan baik agar ditampilkan di fitur Video Pack ini.

7. Featured Snippet

Featured Snippet adalah potongan konten dari halaman website untuk memberikan jawaban singkat terkait dengan kueri yang diketikan user.

Biasanya ditampilkan dibagian paling atas.

Sementara untuk format dari featured snippet ini terdiri dari 3 elemen, seperti paragraph featured snippet, list featured snippet dan table featured snippet.

Untuk bisa tampil dibagian ini, kita bisa melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  • Pastikan website masuk halaman pertama Google, karena featured snippet hanya ditampilkan untuk website yang peringkat 1 – 10 saja.
  • Optimasi pertanyaan long tail yang relevan
  • Sesuaikan format konten dengan kueri yang akan ditarget.

Masih banyak praktisi SEO, termasuk mereka yang sekelas Agency SEO yang masih mengabaikan fitur SERPs yang satu ini.

8. Sitelinks

Sitelinks adalah beberapa link yang ditampilkan dibawah  hasil pencarian Google.

Fitur ini berguna untuk memudahkan pencari informasi untuk menavigasi halaman website dengan mudah melalui SERPs Google.

Penampilan sitelink pada sebuah website terkait dengan struktur dari website anda. Oleh karenanya, kita harus mengoptimalkannya dengan baik.

Pastikan halaman yang dianggap paling penting, dibutuh user ditempat pada posisi yang mudah dijangkau oleh pencari informasi.

Untuk hal ini biasanya berlaku rule 3 klik.

Jangan sampai user membutuhkan lebih dari 3 klik untuk menemukan halaman yang mereka butuhkan. Karena ini akan merusak user experience di website anda.

9. Shopping Pack

Ketika Google mengenali sebuah kueri yang termasuk transactional intent dan berniat untuk melakukan pembelian,  maka fitur ini akan ikut ditampilkan.

Biasanya menampilkan gambar produk, harga dan url ke website toko online.

Bagi anda yang memiliki toko online dan menggunakan SEO sebagai salah satu traffic source, maka mengoptimalkan fitur pencarian yang satu ini penting sekali.

Pastikan gambar produk bagus, judul dioptimasi untuk kueri serta struktur website yang mudah di crawling oleh user dan di navigasi oleh user.

Dan yang paling penting, gunakan data yang akurat. Baik data dan gambar.

10. News Pack

Kadang ketika user mengetkan kueri yang bernuansa berita, maka Google akan menampilkan fitur ini pada pencarian mereka.

Biasanya tampil dengan judul “Top Stories”.

Untuk bisa tampil dibagian ini memang tidak mudah. Website kita membutuhkan otoritas dibidangnya, terutama sebagai website berita.

Menariknya lagi, berita yang ditampilkan biasanya adalah berita yang terbaru.

11. People Also Ask

People Also Ask ini merupakan fitur SERPs berupa menu dropdown yang menampilkan kueri yang relevan dengan yang diketikan user.

Ketika kita klik “panah ke bawah” pada fitur ini, maka kita akan mendapatkan sejumlah keterangan terkait dengan kueri tersebut.

Yang cukup menarik dari fitur ini, website yang ditampilkan bisa saja website yang tidak tampil sama sekali di halaman pertama Google pada pencarian organik.

Kita hanya perlu mengoptimalkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja relevan dengan kueri yang sering diketikan user.

12. Related Searches

Related Searches adalah 8 daftar kueri yang menginformasikan pada pencari informasi terkait dengan kueri yang juga sering di cari.

Jika anda sedang belajar bagaimana cara mengetahui search intent sebuah kueri, maka related searches adalah salah satu fitur SERPs yang bisa digunakan.

Memanfaatkan kueri yang ditampilkan ini dan kemudian menjawabnya di konten yang anda tulisan adalah salah satu strategi SEO yang layak dilakukan.

Terakhir

Sebenarnya fitur SERPs yang ditampilkan Google bisa menjadi informasi penting bagi kita untuk mengetahui apa tipe intent yang dimiliki kueri tersebut.

Untuk meningkatkan kinerja SEO website, baik dari sisi ranking, CTR, Trafik, User Experience dan konversi maka perlu bagi kita untuk mengoptimalkan fitur SERPs ini.

Optimasi saja mana yang menurut anda mungkin dilakukan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.