HomeBlog LitleMarketing HackCara mempromosikan website bisnis

10 Cara mempromosikan website bisnis untuk pemilik usaha modal kecil

cara mempromosikan website

Banyak cara mempromosikan website di Intenet. Sebagian sudah terbukti memberikan hasil yang memuaskan. Mari kita bahas dibawah ini.


Baik, sekarang anda sudah punya website super duper keren.

Tampilannya oke, loading website juga cepat. Produk dan layanan yang ditawarkan juga tidak kalah bagus. Tapi, apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Ya. Ini pertanyaan penting untuk dijawab.

Karena, punya website keren, cepat dan produk bagus saja belum cukup. Anda perlu memberitahunya pada banyak orang.

Dan proses memberitahu inilah yang kita sebuat dengan mempromosikan website.

Diluaran sana banyak teknik dan cara mempromosikan website yang disarankan. Saking banyaknya, kadang membuat kita bingung.

Manal yang harus di lakukan terlebih dahulu.

Jika anda berada posisi diatas, kami akan membantu anda memilih cara promosi website sesuai urutan prioritasnya. Sehingga trafik dan pembelinya terus berdatangan.

Baik, mari kita mulai saja.

Cara mempromosikan website secara online

Setidaknya ada 2 cara mempromosikan website.

Pertama cara konservatif, seperti door to door, majalah, tv, radio, media advertising outdoor dan pasang iklan di media cetak.

Cara kedua adalah promosi secara online. Ini adalah strategi yang beberapa tahun ini cukup populer dan terus berkembang.

Dan kebetulan pada kesempatan ini kita akan bahas bagaimana cara mempromosikan website menggunakan Digital Marketing.

Semoga tulisan ini membantu.

1). Gunakan SEO (Search Engine Optimization)

Dari banyak teknik marketing online yang lain, SEO adalah cara pemasaran online yang sangat kami rekomendasikan untuk dilakukan pertama kali.

Bukan saja karena potensinya yang besar.

Tapi, tindakan-tindakan SEO anda juga akan berdampak positif pada kinerja website dan teknik pemasaran lainnya.

Jadi, mulailah melakukan SEO website dari awal.

Secara umum, menggunakan SEO ini anda hanya perlu melakukan 3 hal penting saja, diantaranya adalah Technical SEO, Onpage dan Off-Page SEO.

Tehcnical SEO terkait dengan segala sesuatu membuat kinerja SEO website anda menjadi turun, seperti broken link, 404 not found, redirect chain dan struktur website.

Ini adalah bagian yang paling awal anda lakukan.

Karena technical SEO akan berdampak sangat signifikan pada kinerja SEO website yang lain. Baik itu Onpage SEO maupun Off-Page SEO.

Bagian kedua anda juga harus melakukan Onpage SEO.

Onpage SEO lebih terkait dengan proses optimasi halaman individu sebuah website. Mulai dari tag judul dan deskripsi, penggunaan heading, internal link serta keyword placement.

Ini penting dilakukan sebelum melakukan Off-Page SEO.

Banyak tindakan Off-Page SEO tidak memiliki dampak yang signifikan pada kinerja SEO website karena website owner tidak melakukan optimasi onpage terlebih dahulu.

Itulah kami menyarankan anda untuk melakukannya pertama kali.

Langkah berikutnya berulah SEO Off-Page.

SEO Off-Page ini juga kita kenal dengan link building. Proses membangun link yang mengarah ke website kita agar makin popular dan dianggap otoritas.

Proses link building ini bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung.

Tindakan link building secara langsung bisa seperti pasang backlink PBN, Guest Blogging, Content Placement dan lain sebagainya.

Sedangkan yang tidak langsung bisa dengan menerbitkan konten maupun tool yang mengundang blooger lain untuk memberikan backlink pada kita.

Setidaknya itulah tahapan SEO yang bisa dilakukan.

Namun, jika anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni. Sebaiknya delegasikan pekerjaan SEO ini pada pakarnya.

Lagipula, saat ini banyak Agency SEO yang menawarkan layanan optimasi website mereka dengan harga yang relative murah.

Anda juga bisa membeli layanan mereka secara terpisah.

Seperti membeli artikel berkualitas, backlink PBN, Content Placement maupun lainnya. Sedangkan untuk Onpage bisa dilakukan sendiri.

2). Guest Blogging

Banyak blogger salah kaprah dengan guest blogging.

Mereka mengira bahwa guest blogging digunakan hanya untuk mendapatkan backlink saja. Padahal, guest blogging dilakukan juga untuk melakukan personal brand.

Tidak itu saja, kadang kita juga dapat  bonus trafik.

Guest Blogging adalah cara mempromosikan website yang sangat mumpuni. Tentu saja jika dilakukan dengan cara yang benar.

Pastikan saat anda menerbitkan artikel di blog tamu, nama yang dicantumkan adalah nama asli anda. Karena ini akan berdampak pada kredibilitas diri anda.

Semakin terbentu otoritas anda, maka semakin besar dampak guest blogging.

Jadi, mulai sekarang cobalah manfaat teknik promosi webstie yang satu ini. Jika dilakukan dengan konsisten, anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

3). Konten Marketing

Banyak yang memahami bahwa pemasaran konten harus melakukan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lain sebagainya.

Padahal Konten Marketing lebih fokus pada produksi dan distribusi konten yang berguna  bagi target market kita. Ingat, saya tidak katakana berkualitas tapi bermanfaat.

Satu hal lagi yang perlu kita ketahui terkiat dengan Konten Marketing ini. Ia bisa meningkatkan kinerja SEO website dan sekaligus konversi trafik.

Karena fokus dari Konten Marketing adalah menghasilkan dan mendistribusikan konten yang benar-benar dibutuhkan oleh audien kita.

Dan menariknya, ia tidak selalu berupa blog. Bisa video maupun podcast.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memanfatkan berbagai platform tersebut sebagai salah satu cara mempromosikan website anda secara online.

4). Google Bisnisku

Anda juga bisa promosikan website menggunakan Google Bisnisku.

Jika bisnis yang anda jalankan berbasis local. Atau anda ingin mendapatkan lebih banyak pembeli dari daerah, maka menggunakan Google bisnis adalah pilihan tepat.

Lagipula membuat Google bisnisku itu mudah dan gratis.

Anda bisa membuat profile bisnis, memasang alamat, nomor telepon dan alamat website dengan sangat mudah. Mungkin tidak akan lebih dari 10 menit.

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang mengabaikan teknik pemasaran online yang satu ini. Entah karena tidak tahu atau karena unde-estimate.

Mulai sekarang mulailah promosikan website anda di Google Bisnisku.

5. Platform Quora

Mungkin anda pernah dengar Yahoo Answer. Kira-kira Quora mirip seperti platform tersebut. Walaupun tidak sama persis.

Menggunakan Quora ini kita bisa mempromosikan website.

Anda tinggal menjawab pertanyaan seputar topic yang sudah anda tulis dan kemudian mengarahkan jawaban lengkapnya pada halaman website anda.

Promosi website menggunakan Quora kita mendapatkan 2 benefit sekaligus. Mulai dari trafik dan otoritas (website dan penulis).

Jadi tentu sangat disayangkan jika anda tidak menggunakan Quora untuk memperomosikan website. Karena ia memiliki potensi yang tidak bisa diabaikan.

6). Iklan PPC

Cara yang paling instan untuk mempromosikan website adalah dengan menggunakan platform iklan PPC. Ini disediakan oleh Google, Facebook dan lainnya.

Kita akan membayar ketika ada yang mengeklik iklan.

Saat mereka memutuskan klik iklan, maka mereka akan diarahkan ke halaman website kita. Baik itu halaman penjualan maupun halaman berlangganan email.

Promosi website dengan cara ini memang membutuhkan budget yang tidak kecil. Setidaknya menyiapkan budget 500ribu sampai 5 juta perbulan.

Kita akan bahas lebih jauh terkait dengan iklan PPC ini dilain kesempatan.

Sebenarnya masih banyak tekink mempromosikan website di internet seperti email marketing, instagram, Youtube, Forum dan lain sebagainya.

Mungkin kita akan coba bahas dilain kesempatan.

Kesimpulan

Dari banyak cara mempromosikan website diatas, ada beberapa yang harus menyiapkan budget yang cukup besar, tapik ada yang gratis. Cukup dibayar dengan waktu dan tenaga.

Diantaranya adalah SEO (Search Engine Optimization).

Dan kami sangat menyarankan agar anda melakukan SEO website sejak pertama kali website launching. Walaupun budget anda untuk iklan PPC super besar.

Karena keduanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.