Address

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar
Riau — Indonesia

Work Hours

Senin - Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB

HomeKontenBelajar dari Kegagalan

Belajar dari Kegagalan

 tidak mudah dan sama-sama memerlukan kerja keras, cekatan, dan kecerdikan.

Baca juga:

Sebelum berbisnis offline, Anda harus menganalisis SWOT Anda atau SWOT kompetitor Anda, bukan?

Namun, itulah yang lupa dan tidak dilakukan oleh para pebisnis yang merambah ke dunia online. Mereka pikir, dengan membuat situs web yang hebat, pengunjung pasti akan langsung membeli barang atau jasa mereka.

Padahal tidak begitu adanya. Tentu saja mereka harus mempromosikan website tersebut terlebih dahulu. Karena website hanyalah ibarat toko yang anda sewa.

Jika tidak anda perkenalkan kepada teman, sahabat dan siapapun, maka dipastikan tidak akan ada yang akan datang dan tahu produk yang anda tawarkan.

Maka, langkah selanjutnya setelah anda membuat website adalah mempromosikannya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan.

Mulai dengan menggunakan SEO – Search Engine Optimization, Google Adword, Facebook, aktif di forum-forum serta aktif di sosial media.

Setelah mereka datang, ada beberapa hal lagi yang perlu anda lakukan. Ambil perhatian mereka ketika mereka pertama kali datang ke toko anda (baca: website).

Jelaskan tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Tapi ingat, anda tidak perlu menjelaskan fitur-fiturnya, tetapi jelas solusi apa yang anda tawarkan pada mereka.

Layani mereka dengan sebaik-baiknya. Jawab pertanyaan mereka dengan segera.

Pastikan mereka nyaman dengan anda. Jika anda melakukannya dengan benar, hampir dipastikan mereka akan membeli produk maupun jasa yang anda tawarkan.

Nah, tahapan diataslah yang banyak tidak dilakukan oleh para pemula.

Dan itulah alasan mengapa mereka gagal. Karena mereka berfikir. Hanya dengan membuat website saja, mereka akan kebanjiran order. Itu salah besar.

Hidayat Mundana
Hidayat Mundana
Articles: 42